Rahasia Manfaat Memelihara Jenggot, Kumis dan Rambut

JENGGOT

Anda tahu, Rahasia Manfaat Memelihara Jenggot, Kumis dan Rambut. Pria yang wajahnya berjenggot dan berkumis memiliki paparan sinar UV sepertiga lebih sedikit dibanding yang wajahnya bersih. Secara umum diketahui bahwa jenggot lebat memberikan perlindungan terhadap sinar matahari 90-95 persen, tergantung kelebatan rambut.
"Rambut memang memiliki perlindungan yang baik terhadap matahari. Ini seperti faktor SPF, makin tebal makin terlindungi"
Jenggot yang tumbuh di leher dan dagu juga bisa mencegah seseorang terkena flu karena temperatur di sekitar leher lebih hangat. "Makin hangat kita menjaga suhu tubuh dan banyak minum air, maka makin cepat kita sembuh dari flu selain itu memelihara jenggot bisa menghindari infeksi kulit yang terjadi akibat kulit terluka saat bercukur.

Kumis

Tahukah Anda, Pria berkumis cenderung memiliki risiko asma lebih rendah, terutama yang dipicu oleh serbuk sari. Hal ini karena kumis yang mencapai area hidung akan mencegah alergen masuk ke hidung dan terhirup paru-paru.

Rambut adalah jaringan yang paling cepat tumbuh dalam tubuh manusia dengan pertumbuhan mencapai 1,5 inci setiap bulan. Sekarang Anda boleh tahu, rambut memberikan informasi pola permanen dari kantong rambut.
Dalam rambut, kuku, dan gigi, mineral-mineral dalam bentuk kecil disimpan. Rambut manusia merupakan rekaman sejarah yang bisa merefleksikan perubahan metabolisme. Selama struktur rambut tidak berubah, mineral tertanam dalam rambut dan kadarnya tidak berubah walaupun rambut memanjang.
Tes rambut paling peka terhadap semua zat-zat kimia yang masuk dalam tubuh. Ini karena akar rambut menyimpan sisa metabolisme dalam 3-6 bulan terakhir,
Dalam,tes rambut juga dipakai untuk mendapatkan bukti kuat dari penggunaan obat-obatan terlarang.dan analisis rambut lebih banyak dikenal oleh dunia forensik, riset ilmiah, dan pengetesan obat.

RAMBUT

Rambut adalah jaringan yang paling cepat tumbuh dalam tubuh manusia dengan pertumbuhan mencapai 1,5 inci setiap bulan. Nutrisi yang kita konsumsi setiap hari juga berdampak pada kondisi rambut.

Vitamin AVitamin ini berperan dalam pertumbuhan dan perawatan rambut sehat. Kandungan antioksidan akan mencegah radikal bebas merusak folikel rambut. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan rambut kusam dan kering. Sementara kelebihan vitamin A bisa memicu rambut rontok.
Konsumsi sekitar 5.000 - 25.000 IU vitamin A setiap hari. Makanan yang kaya akan vitamin ini misalnya susu, telur, wortel, daging bebek dan ikan, serta hati. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan zinc yang akan membantu penyerapan vitamin A. 
Zat besiKekurangan zat besi akan terlihat pada tekstur dan ketebalan rambut. Zat besi pada dasarnya berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika tubuh kekurangna sel darah merah atau anemia, biasanya kondisi rambut juga pecah-pecah.
SUmber zat besi terbaik meliputi daging ayam, ikan, daging, kacang-kacangan, bayam, raisin, atau gandum. Jika Anda seorang vegetarian Anda harus mengonsumsi lebih banyak zat besi karena zat besi dari produk nabati lebih sulit diserap tubuh.  
Asam lemakAsam lemak omega-3 akan merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga keseimbangan minyak di kulit kepala. Rambut kita terbuat dari serat protein yang disebut keratin. Mengonsumsi makanan kaya omega-3 akan menguatkan serat protein tersebut. Anda bisa mendapatkan asam lemak omega-3 pada ikan berlemak. 
BiotinBiotin yang juga dikenal sebagai vitamin H, termasuk vitamin B kompleks yang memfasilitasi pertumbuhan rambut dan menjaganya tetap sehat. Biotin berperan penting dalam memecah asam amino yang dipakai dalam sintetis protein. Kecukupan protein terlihat dari kondisi rambut yang bersinar.  Kekurangan biotin bisa menyebabkan rambut rontok, mata kering, bibir kering, dan mudah lesu. Beberapa produk perawatan rambut pada umumnya juga mengandung biotin. Sementara itu makanan yang kaya biotin antara lain telur, kerang, alpukat, produk susu, kacang-kacangan, jamur, pisang, atau kedelai.
Tambahan:

Dalam Riset yang sedang dikaji para ilmuwan Amerika dan Eropa, Mereka mencoba meneliti islam lebih dalam, termasuk jenggot yang dimiliki para ulama muslim, hasil yang menakjubkan adalah :
1.Jenggot secara alamiah mengontrol kandungan minyak di wajah
2.Jika tumbuh 1 helai jenggot, maka disekitarnya akan tumbuh jenggot halus disekitarnya.
3.Dalam 1 Helai Jenggot menyerap lebih dari satu unsur yang menyebabkan wajah terlihat kusam.
4.Jika jenggot tersebut dicukur, maka membutuhkan waktu yang lama untuk menumbuhkannya secara alami.
5.Hal terakhir yang masih diteliti, Sifat orang yang memiliki jenggot lebih bijaksana dalam mengambil keputusan.
"Cukurlah kumis dan peliharalah jenggot." (HR. Muslim)
Hadits yang diriwayatkan dari Zakaria bin Abi Zaidah dari Mus"ab bin Syaibah dari Tholq bin Habib dari Ibnu az Zubeir dari Aisyah ra bahwasanya Rasulullah saw bersabda,
"Sepuluh perkara fitrah : Mencukur kumis, memanjangkan jenggot, bersiwak, memasukkan air ke hidung (saat wudhu), memotong kuku, mencuci sendi-sendi jari tanggan, mencabut bulu ketiak, mecukur rambut di sekitar kelamin, mencuci dengan air setelah buang air kecil-kemudian Zakaria berkata,"Mus"ab mengatakan,"aku lupa yang kesepuluh kecuali berkumur-kumur." (HR. Ahmad, Muslim, Nasai dan Tirmidzi)

Sumber dari berbagai artikel untuk tulisan Rahasia Manfaat Memelihara Jenggot, Kumis dan Rambut 

Related posts

Description: Rahasia Manfaat Memelihara Jenggot, Kumis dan Rambut Rating: 4.5 Reviewer: ABI RAYA ItemReviewed: Rahasia Manfaat Memelihara Jenggot, Kumis dan Rambut
Al
Mbah Qopet Updated at: 16:35