Card Reader E-KTP(Nasional) Segera Diproduksi Massal


Card Reader E-KTP(Nasional), berita ayobai
Card Reader E-KTP (Nasional)
Berita ayobai, Alat pembaca kartu ini (card reader) untuk kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dapat diproduksi massal tahun 2014 ini, sehingga pada Januari 2014 sudah dapat digunakan untuk memeriksa e-KTP, kata Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Marzan Iskandar.
"Dalam waktu dekat ini kami akan membicarakan dengan industri elektronika nasional Indonesia, sehingga tahun ini sudah bisa diproduksi secara massal," ujar Marzan di Jakarta, Selasa (14/5). di samping itu ada Empat Teknologi Dalam E-KTP Nasional dan Card Reader.
Dia juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan uji publik terhadap "design" alat pembaca kartu yang pembuatannya sudah dimulai sejak 2011.
"BPPT merancang alat tersebut sejak dua tahun yang lalu dan itu terus dikembangkan, karena bagaimanapun juga 'design' yang kami miliki ada keterbatasannya," tambahnya.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 471.13/1826/SJ, tertanggal 11 April 2013, yang mengimbau seluruh kepala daerah agar memfasilitasi unit kerja atau badan usaha, yang memberikan pelayanan masyarakat, dengan menyediakan "card reader" sesegera mungkin.
Surat Edaran tersebut juga ditembuskan kepada para menteri, kepala lembaga pemerintah non-kementerian, kepala lembaga lain, Kepala Kepolisian RI, Gubernur Bank Indonesia, serta seluruh pimpinan Bank.
Mendagri berharap instansi pemerintah, baik di pusat dan daerah, segera menyiapkan alat "card reader", sehingga pada 2014 nanti dapat diimplementasikan penggunakan KTP elektronik secara terintegrasi.
Dalam surat edaran tersebut tertulis, "Apabila masih terdapat unit kerja atau badan usaha yang memberikan pelayanan tersebut akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, karena sangat merugikan masyarakat khususnya pemilik e-KTP".
Dan "Semua unit kerja/badan usaha yang memberikan pelayanan pada masyarakat sudah memiliki 'kartu pembaca atau card reader' paling lambat akhir tahun 2013, dengan alasan KTP nonelektronik terhitung sejak 1 Januari 2014 tidak berlaku lagi expire," demikian bunyi surat tersebut. Semoga bermanfaat.
Sumber: antara

Related posts

Description: Card Reader E-KTP(Nasional) Segera Diproduksi Massal Rating: 4.5 Reviewer: ABI RAYA ItemReviewed: Card Reader E-KTP(Nasional) Segera Diproduksi Massal
Al
Mbah Qopet Updated at: 21:55